Subliminal Messages

Subliminal MP3s Powerful Subliminal Messages

SELAMAT DATANG

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA KE SITUS KAMI, SEMOGA BERMANPAAT BAGI ANDA

PTK-MTK

Pelaksanaan Pembelajaran dengan Penerapan Metode Penemuan dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran Matematika di SD Negeri Sukamukti I  Kabupaten Majalengka

Pelaksanaan Pembelajaran dengan Penerapan Metode Penemuan dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran Matematika di SD Negeri Sukamukti I  Kabupaten Majalengka



Penyusun :


ANIS IBRAHIM.
NIP. 197102152008011002

Mengetahui/Menyetujui :






Kepala SD Negeri Kasturi II
Kec. Cikijing Kab. Majalengka
Sukamukti,   Juni    2009

Koordinator Perpustakaan
SD Negeri Kasturi II
Kec. Cikijing Kab. Majalengka





Drs.Nandang Hasanudin
NIP.196005141982011007
 N.Kurniasih,S.Pd.I

KATA PENGANTAR


Segala puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat meyelesaikan karya ilmiah ini. Allah Maha Besar atas segala limpahan karunia-Nya yang diberikan kepada makhluk-makhluknya. Selayaknya rasa syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya. Yang diiringi dengan dukungan dari berbagai pihak sehingga pada akhirnya terwujudlah karya ilmiah ini.
Penulis merasa bahwa kajian karya ilmiah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat penulis harapkan. Tidak lupa dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian karya ilmiah ini.
Akhirnya semoga hal-hal yang penulis sajikan dapat bermanfaat bagi yang memerlukannya. Amien.


Kasturi,  Juni 2009
Penulis

DAFTAR ISI


LEMBAR PENGESAHAN....................................................................................... i
KATA PENGANTAR .............................................................................................. ii
DAFTAR ISI                                                                                                         ......          iii
DAFTAR TABEL..................................................................................................... iv
BAB I      PENDAHULUAN
                 A. Latar Belakang Masalah ....................................................................... 1
                 B. Pembatasan dan Perumusan Masalah ................................................... 3
                 C. Tujuan Penelitian................................................................................... 4
                 D. Manfaat Hasil Penelitian ...................................................................... 5
BAB II    KAJIAN PUSTAKA
                 A. Belajar Matematika dengan Pemahaman.............................................. 6
                 B. Membangun Pemahaman...................................................................... 7
BAB III   METODOLOGI PENELITIAN
                 A. Subjek Penelitian ................................................................................ 10
                 B. Objek Penelitian ................................................................................. 10
                 C. Metode Pengumpulan Data ................................................................ 10
                 D. Metode Analisis Data ......................................................................... 10
BAB IV   HASIL PENELITIAN
                 A. Deskripsi Data Studi Pendahuluan .................................................... 12
                 B. Pelaksanaan Tindakan Siklus Pertama ............................................... 16
                 C. Pelaksanaan Tindakan Siklus Kedua .................................................. 23
BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN
                 A. Kesimpulan ......................................................................................... 32
                 B. Saran ................................................................................................... 33
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

DAFTAR TABEL


Tabel 1     Daftar Nilai Kondisi Awal Siswa Siklus Pertama................................... 18
Tabel 2     Nilai Observasi Siswa Pada Kelompok Diskusi....................................... 19
Tabel 3     Hasil Nilai Post Tes Setelah Pelaksanaan Tindakan................................. 20
Tabel 4     Daftar Nilai Kondisi Awal Siswa Siklus Kedua...................................... 25
Tabel 5     Nilai Observasi Siswa Pada Kelompok Diskusi....................................... 26
Tabel 6     Hasil Nilai Post Tes Setelah Pelaksanaan Tindakan................................. 27
Tabel 7     Tabel Perbandingan Perolehan Hasil Nilai Pre Test dan Post Test.......... 31




BAB I
PENDAHULUAN


A.   Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya ssemua strategi, metode, atau istilah-istilah yang digunakan dalam teori pendidikan dengan tujuan agar terciptanya proses belajar mengajar yang efektif efisien serta banyak mengandung makna, sehingga proses belajar mengajar mengalami perubahan menjadi proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk lebih memberikan bobot serta makna yang dalam agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran serta berdampak pada perubahan tingkah laku baik menyangkut unsur kognitif, afektif maupun psikomotor.
Tugas dan peranan guru antara lain menguasai dan mengembangkan materi pelajaran, merencanakan, dan mempersiapkan serta mengevaluasi kegiatan siswa. Artinya tugas guru dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar meliputi tugas paedagogis dan administrasi. Guru dalam melaksanakan KBM perlu mempertimbangkan beberapa hal diantaranya kemampuan memilih dan menggunakan metode yang tepat. Dalam hal ini ketepatan suatu metode pengajaran tergantung pada situasi dan materi pelajaran yang disajikan oleh sebab itu, guru harus mampu memahami sifat dan keunggulan berbagai metode pengajaran, agar mempermudah dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa.
Metode mengajar yang tepat harus memperhatikan kemauan, dorongan, minat, potensi, dan kemampuan siswa dalam melakukan suatu kegiatan dalam suatu proses pengajaran. Salah satu contoh kondisi pembelajaran yang seringkali disajikan guru dalam pembelajaran Matematika dinilai masih belum tepat sasaran dan bahkan cenderung penerapannya masih dibatasi dengan kanteks buku tertentu saja. Dan kecerobohan pembelajaran tersebut mengakibatkan timbulnya verbalisme serta kurang berkembangnya wawasan maupun pengetahuan pada siswa itu sendiri Hal inilah pokok permasalahan yang dihadapi guru dalam peranannya sebagai penyelenggara pendidikan. Hal yang perlu dikaji ulang adalah bagaimana teknik pengelolaan kelas yang tepat.
Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain kegiatan-kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar mengajar secara benar.
Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur anak didik dan sarana pengajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran. Suatu proses belajar mengajar dapat dikatakan berhasil apabila guru memiliki pandangan masing-masing sejalan dengan filsafatnya". Karena itulah suatu poses belajar mengajar tentang suatu bahan/materi pelajaran dinyatakan berhasil apabila hasilnya memenuhi tujuan instruksional khususnya dari bahan tersebut. Dengan demikian jelaslah bahwa tujuan pengelolaan kelas adalah agar guru selalu berusaha tanpa memandang kekurangan fisik maupun pikiran yang dirasakannya juga memberikan kesadaran kepada guru tanpa pengelolaan kelas yang baik akan mengalami hambatan. Tujuan pengelolaan kelas pada hakekatnya terkandung dalam tujuan pendidikan secara umum tujuan pengelolan kelas adalah menyediakan fasilitas bagi bermacam-macam belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektua! dalam kelas untuk memungkinkan siswa belajar dan bekerja dalam suasana disiplin dengan melibatkan perkembangan intelektual, emosional, dan sikap apresiasi.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi kebehasilan guru dalam mengajar, antara lain adalah penerapan metode yang tepat dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar. Teknik mengajar yang akhir­-akhir ini banyak digunakan di sekolah-sekolah yang sudah maju adalah "metode penemuan". Penemuan sebagai metode mengajar merupakan penemuan yang dilakukan oleh siswa. Dalam hal ini siswa menemukan sesuatu hal yang baru. Metode penemuan (discovery) adalah proses mental dimana siswa mengasimilasikan suatu konsep atau suatu prinsif dengan proses mental, misalnya : mengamati, menggolong-golongkan, membuat dugaan, menjelaskan, membuat kesimpulan dan sebagainya.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode penemuan sebagai suatu prosedur pengajaran serta komponen dari praktek pendidikan yang bertujuan memajukan cara belajar aktif yang bergorientasi pada keterampilan proses mencari dan menemukan yang baru secara sendiri dan reflektif. Di dalam pembelajaran matematika pelaksanaan pengajaran dengan metode penemuan guru harus betu-­betul memperhatikan siswa yang cerdas dan yang kurang cerdas untuk menghindari sikap bosan menunggu teman-temannya yang belum berhasil menemukannya. Sehingga dalam hal ini materi harus mempunyai bobot yang berbeda dari kedua kelompok siswa tersebut. Ada beberapa hal-hal yang baru bagi siswa dalam pembelajaran matematika diharapkan menemukan berupa konsep, teorema, rumus, pola, aturan, dan sejenisnya dapat menemukan. Mereka harus melakukan pengetahuan siap melalui cara induksi, deduksi, observasi, ekstrapolasi. Pengajaran dengan penemuan sukar digunakan karena pelaksanaannya selalu sesuai dengan pengetahuan siswa yang telah diperoleh sebelumnya.
Dengan demikian, maka jelas bahwa berhasil tidaknya proses pembelajaran tergantung pada guru sebagai pengemudi pendidikan disamping komponen-komponen lainnya. Oleh karena itu tepat sekali apabila guru senantiasa mengadakan proses perenungan dengan mengadakan penelitian tindakan kelas sebagai upaya dalam menuju profesionalisme guru.

B.   Pembatasan Masalah dan Rumusan Masalah
Disadari atau tidak, bahwa siswa belajar paling baik adalah dengan cara mengkondisikan untuk dapat menemukannya sendiri. Tetapi bagaimana agar dalam proses belajar siswa mampu melakukan kegiatan tersebut ? salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan cara merancang suatu strategi yang meriah sesuai dengan kesiapan siswa. Belajar yang meriah dan efektif adalah proses belajar yang dapat dilakukan oleh siswa, menyenangkan, namun mengarah pada hal yang serius sehingga di dalamnya merupakan kumpulan strategi yang komprehensif.
Sistem pembelajaran yang demikian harus senantiasa diupayakan berlaku kapan dan oleh semua mata-pelajaran apapun tanpa tarkecuali Matematika, sebab dalam prakteknya siswa harus bisa menyerap berbagai pengalaman secara nyata sehingga kegiatan belajar tercipta secara aktif, efektif serta penuh makna.
Selama ini banyak guru mengajar cenderung mengajar secara model lama cukup dengan berbincang, memegang kapur, atau sesekali menulis, tanpa didukung berbagai persiapan yang menyangkut masalah paedagogis maupun administrasi untuk itu ada beberapa permasalahan sebagai berikut:
1.    Bagaimana perencanaan pembelajaran dengan penerapan metode penemuan ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas VI SD Negeri Kasturi II ?
2.    Bagaiman? pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode penemuan ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas VI SD Negeri Kasturi II
?
3.    Bagaimana hasil pembelajaran dengan penerapan metode penemuan ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas VI SD Negeri Kasturi II


C.   Tujuan Penelitian
Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengupayakan penerapan metode penemuan secara tepat dan efektif dalam penyelenggaraannya pembelajaran matematika, sehingga guru mengetahui persis kelebihan dan kekurangan dari suatu metode secara akurat.
Secara khusus tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran dengan penerapan metode penemuan ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas VI SD Negeri Kasturi II
.
2.    Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode penemuan ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di ketas VI SD Negeri Kasturi II
.
3.    Untuk mengetahui hasil pembelajaran dengan penerapan metode penemuan ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas VI SD Negeri Kasturi II
.

D.   Manfaat Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan nilai manfaat untuk:
1.  Guru, karena penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk menyusun dan mangembangkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif.
2.  Siswa, karena penelitian ini dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih berkesan dan bermakna.
3.  Peneliti, yaitu sebagai bahan masukan bagi peneliti lain yang sejenis dapat membantu peneliti lain untuk lebih mengembangkan hasil penelitianya.

BAB II
KAJIAN TEORI


A.   Belajar Matematika dengan Pemahaman
Suatu gagasan matematika atau prosedur atau fakta dikatakan dipahami jika ha! ini menjadi bagian dari jaringan internal. Lebih spesifik lagi dikatakan matematika dimengerti apabila representasi mentalnya merupakan bagian dari jaringan representasi. Tingkat pemahaman akan ditentukan oleh jumlah dan kekuatan dari keterkaitannya. Suatu gagasan matematika, prosedur, atau fakta dipahami dengan sempurna apabila terjalin dengan kuat dengan jaringan yang telah ada dan memiliki jumlah koneksi yang lebih banyak.
Terdapat beberapa jenis koneksi yang dikonstruksi siswa dalam proses belajar sehingga membentuk jaringan mental, yaitu hubungan yang terbentuk atas dasar persamaan dan perbedaan, dan hubungan yang terbentuk berdasar inklusi. Hubungan yang berdasar kesamaan dan perbedaan dapat tercipta dengan mengorespondensikan sesuatu yang tidak ada dengan yang ada atau sebaliknya dalam suatu bentuk representasi eksternal yang sama. Misalnya, seorang siswa yang sedang melakukan representasi blok basis-10 dengan notasi dalam algoritma tertulis untuk bilangan bulat.
Jenis hubungan yang lain adalah terbentuk ketika suatu fakta atau prosedur dipandang sebagai kasus khusus daripada yang lainnya. Jenis hubungan ini didasarkan atas inklusi dari suatu kasus umum atau kasus khusus. Hubungan seperti ini tampaknya terdapat dalam jaringan yang hirarkis. Contoh koneksi yang terjadi dalam hubungan inkhusi adalah pada saat anak bekerja pada permulaan penjumlahan dan pengurangan. Mereka menyelesaikan soal cerita dalam penjumlahan dan pengurangan menggunakan strategi membilang yang mancerminkan struktur semantik dari permasalahan itu. Model seperti ini berdasar atas skemata permasalahan yang merupakan tipe-tipe dasar dari struktur semantik. Umumnya, skemata merupakan jaringan internal yang relatif stabil yang dikonstruksi pada abstraksi dan penyimpulan tingkat tinggi.
Dapat disimpulkan bahwa hal yang sangat bermanfaat apabila kita memikirkan pengetahuan matematika siswa sebagai jaringan representasi internal. Pemahaman terjadi apabila representasi terkoneksi dalam jaringan kohesif dengan struktur yang lebih terorganisasi. Koneksi yang menciptakan jaringan-jaringan membentuk banyak jenis hubungan, seperti kesamaan, perbedaan, dan inklusi.

B.   Membangun Pemahaman
Jaringan dari representasi mental dibangun secara bertahap dengan mengaitkan informasi baru pada jaringan yang telah ada dan menjadi struktur jaringan baru. Pemahaman tumbuh pada saat jaringan bertambah besar dan lebih terorganisasi. Tingkat pemahaman kurang baik apabila representasi mental atau gagasan-gagasan terkait terhubung pada tingkat koneksi yang lemah.
Pertumbuhan jaringan ini dapat terjadi dalam beberapa cara. Yang paling mudah dibayangkan adalah mendekatkan representasi suatu fakta atau prosedur baru terhadap jaringan yang telah ada. Sebagai contoh, seorang siswa kelas 4 SD yang telah memahami nilai tempat dan menguasai algoritma tertulis dalam penjumlahan dan pengurangan. Siswa tersebut akan membangun koneksi untuk penjumlahan dan pengurangan yang merupakan jaringan yang telah ada akan menjadi lebih besar, sehingga penjumlahan dan pengurangan desimal dapat dipahami. Perubahan dalam jaringan dapat dideskripsikan sebagai reorganisasi. Representasi disusun kembali, koneksi baru terbentuk, dan koneksi lama dimodifikasi atau bahkan dihapus. Konstruksi dari hubungan baru akan mengakibatkan rekonfigurasi jaringan.
Menggunakan Representasi Alternatif di Kelas. Dalam pendidikan matematika sudah sejak lama dipikirkan berbagai alternatif dalam merepresentasikan gagasan-gagasan matematika, seperti pemanfaatan benda-benda kongkrit. Penelitian mengenai efektivitas penggunaan benda-benda konkrit di kelas memberikan hasil berbeda-beda. Anak dapat memahami matematika dengan baik ketika dalam pembelajarannya memanfaatkan benda-benda konkrit, menunjukkan bahwa anak mampu membangun hubungan sehingga terjadi koneksi dan interaksi jaringan dari presentasi benda-benda nyata. Hasil yang mengidentifkasi bahwa benda-benda konkrit kadangkala tidak efektif mengundang diskusi lebih lanjut. Diantaranya adalah jika siswa tidak memiliki pengetahuan awal seperti yang diharapkan guru, maka akan sangat sulit bagi siswa untuk menghubungkan interaksi benda nyata dengan jaringan yang telah ada.
Memahami Simbol Tertulis. Sistem simbol tertulis standar dalam matematika memegang peranan penting khususnya terhadap pengalaman belajar siswa dalam membentuk sistem representasi. Arti dari simbol tertulis dapat berkembang dalam dua cara seperti perkembangan pemahaman, mengkaitkan dengan bentuk representasi lain atau membangun koneksi antar representasi. Ketika simbol tertulis dikaitkan dengan bentuk lain, seperti objek fisik, gambar, dan bahasa lisan, sumber pemaknaan berasal dari jaringan internal yang sudah terbeniuk. Pemaknaan dapat terjadi melalui pembentukan hubungan dalam sistem simbol, yang seringkali terjadi melalui pengenalan pola dalam sistem simbol.
Apabila pembelajaran difokuskan pada pemaknaan dan pemahaman, terdapat sejumlah konsekuensi sebagai dampak dari proses mental yang terjadi. Beberapa konsekuensi tersebut adalah sebagai berikut:
Pemahaman adalah Generatif. Sudah banyak disetujui bahwa siswa mengkonstruksi pengetahuan metematika bukannya menerima bentuk jadi dari guru atau buku. Artinya siswa mengkreasi representasi internal mereka dari interaksi dengan dunia dan membangun jaringan representasi. Signifikansi dari analisis ini adalah bahwa jika pemahaman dibangun secara inisial dan proses inventif dapat beroperasi dalam representasi mental dari banyak dukungan. Proses inventif ini membangun pemahaman siswa tentang sesuatu yang baru. Invensi yang bekerja atas dasar pemahaman dapat melahirkan pemahaman baru seperti efek bola salju.
Pemahaman Menyokong Daya lngat. Penelitian yang dilakukan Bartlett (1932) memperjelas bahwa memori merupakan proses konstruktif atau rekonstruktif, bukannya aktivitas pasif. Apabila informasi yang akan diingat lebih kompleks, orang sering menstrukturnya sedemikian rupa sehingga menindih sesuatu yang bermakna di dalamnya. Cara seperti ini seringkali dilakukan untuk memodifikasi informasi yang harus diingat. Informasi direpresentasi oleh siswa sedemikian rupa sehingga berpadu dengan jaringan pengetahuan yang telah ada. Keuntungan dari terjadinnya hubungan antara pengetahuan baru dengan yang telah ada adalah koneksi pengetahuan yang terjalin dengan kuat maka akan diingat dengan baik.
Pemahaman Mengurangi Jumlah yang Harus Diingat. Konsekuensi dari tingkat pemahaman berkorelasi dengan tingkat daya ingat. Sesuatu yang dipahami direpresentasi sedemikian rupa sehingga terkait dengan suatu jaringan. Apabila jaringan itu makin terstruktur dengan baik, maka makin gampang untuk diingat. Memori untuk suatu bagian dari jaringan muncul melalui memori dari jaringan yang utuh. Oleh karena itu, pemahaman dapat mereduksi jumlah item yang harus diingat.
Pemahaman Meningkatkan Transfer. Transfer adalah esensial untuk kompetensi matematika. Disebut demikian karena permasalahan baru harus diselesaikan menggunakan strategi yang pernah dipelajari sebelumnya. Transfer terjadi karena kebanyakan siswa meningkat kemampuannya dalam menyelesaikan suatu masalah karena mereka pernah mempelajari permasalahan yang berkaitan sebelumnya.
Pemahaman Mempengaruhi Beliefs. Pemahaman juga mempengaruhi proses afektif. Beliefs siswa mengenai matematika dipengaruhi oleh perkembangan pemahamannya. Dan juga dalam membangun suatu pemahaman matematika dipengaruhi oleh beliefs siswa tentang matematika.

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN


A.   Objek Penelitian
Objek penelitian kali ini diarahkan pada penerapan metode penemuan ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Lebih lanjut penelitian ini akan mengkaji dan mengungkap terkait masalah-masalah kegiatan penerapan metode penemuan ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas VI SD Negeri Kasturi II


B.   Subjek Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada SD Negeri Kasturi II.Penelitian dilakukan oleh peneliti di Kelas VI SD Nageri S Kasturi II dengan siswa sebanyak 20 orang.

C.   Metode Pengumpulan data
Pengumpulan data merupakan kegiatan yang ditetapkan dalam menggali data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Adapun kegiatan­kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data ini dilakukan melalui :
a.  Tes uraian. Tes uraian merupakan soal yang dapat digunakan oleh peneliti berkaitan dengan pengukuran terhadap pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang sudah disampaikan.
b.  Catatan Lapangan. Catatan lapangan adalah tulisan tentang kejadian­kejadian selama proses pembelajaran berlangsung, berguna untuk mengumpulkan data dalam penelitian kualitatif.

D.   Metode Analisis Data
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),. Penelitian Tindakan kelas dalam terminologi Bahasa Inggris lazim disebut "Classroom Action Research" yaitu suatu bentuk kajian melalui self reflective yang bercirikan pada kegiatan partisipatif dan kolaboratif yang dilaksanakan oleh para praktisi pendidikan untuk meningkatkan praktek, pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran. Dengan kata lain, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah setempat suatu sekolah atau lebih khusus lagi pada pembelajaran tertentu dan di suatu kelas tertentu, dengan menggunakan metode ilmiah. Penelitian jenis ini dilakukan untuk memperbaiki suatu proses atau modifikasinya melalui suatu perbaikan praktek dengan menerapkan teori-teori yang ada.

BAB IV
HASIL PENELITIAN


A.   Deskripsi Data Studi Pendahuluan
Data studi pendahuluan merupakan gambaran lengkap mengenai pelaksanaan kegiatan penelitian yang di dalamnya membahas kondisi pendukung maupun sasaran yang akan berguna dalam upaya perumusan kegiatan awal penerapan metode penemuan pada mata pelajaran matematika di SD, hingga pencapaian konsep yang kita harapkan setelah pelaksanaan penelitian tersebut.
Adapun aspek-aspek yang harus dikaji terlebih dahulu adalah sebagai berikut
1.  Faktor Guru
Untuk dapat merealisasikan kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode penemuan sebagai salah satu metode yang penulis ajukan dalam makalah ini, maka yang harus terlebih dahulu mendapat sorotan adalah guru itu sendiri. Guru sebagai ujung tombak keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran, artinya seperti apa kemampuan guru, maka seperti itu pulalah keberhasilan siswa dalam belajar.
Termasuk kemampuan guru dalam menggunakan metode. Berdasarkan hasil wawancara yang penulis lakukan terhadap teman sejawat, serta satu sekolah dimana penulis juga mengajar, maka dari kedelapan guru teman sejawat yang ada dapat dipastikan yang bisa dan pernah atau mampu menerapkan metode penemuan hanya satu orang, dengan frekuensi satu tahun pengajaran hanya dua kali; serta hanya pada mata pelajaran IPA saja. Hal tersebut dikarenakan bahwa metode penemuan hanya dapat diterapkan pada mata pelajaran IPA saja, menurutnya.
Dengan dasar inilah, maka penulis mencoba memberikan pemahaman baru, bahwa tidak hanya pada mata pelajaran IPA saja penerapan metode penemuan dapat disajikan dalam suatu proses pembelajaran, salah satunya adalah pada mata pelajaran matematikan, dan atau berlaku untuk semua mata pelajaran.
Faktor guru sebagai salah satu aspek pendukung pelaksanaan penelitian, sekaligus menjadi objek penelitian, sejauh mana seorang guru memahami metode, yang salh satunya adalah metode penemuan.
Dengan data yang penulis peroleh, maka mendapat kesimpulan sebagai berikut:
a.  Metode penemuan relatif jarang digunakan guru dalam penyelenggaraan proses pembelajaran, pada mata pelajaran apapun.
b.  Metode penemuan dianggap sulit dalam penyelenggaraannya.
c.  Penerapan metode penemuan harus ada persiapan yang matang dan terencana sebelumnya.
d.  Umumnya kemampuan guru yang terbatas terhadap pemahaman tentang pelaksanaan penerapan metode penemuan.

2.  Faktor Peseta Didik
Peserta didik atau siswa merupakan objek penelitian yang menjadi fokus utama penulis, dalam menyusun makalah ini, sehingga dalam porsinyapun siswa mendapat perhatian yang penuh, dibanding dengan faktor-faktor yang lainnya.
Untuk mendapatkan informasi yang akurat, terlebih dahulu penulis mengadakan wawancara untuk mengetahui kemampuan siswa dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan persepsi siswa terhadap proses pembelajaran yang selama ini sering dilakukan oleh guru, dalam mengajar Matematika, maka diperoleh data sebagai berikut:
a.  Pada dasarnya siswa jenuh belajar matematika, karena guru mengajar relatif dengan gaya yang itu juga sehingga terkesan monoton tidak ada fariasi lain.yang dapat membangkitkan gairah belajar pada siswa,
b.  Siswa sebagai sasaran langsung dalam objek penelitian, merasakan kesulitan belajar matematika lebih dikarenakan oleh soal latihan yang terlalu dipaksakan oleh guru tanpa adanya proses penanaman pemahaman terlebih dahulu terhadap materi yang disampaikan oleh guru.
c.  Dengan kondisi seperti tersebut di atas, maka penulis berharap dengan aadanya penerapan metode penemuan dapat merubah paradigma baru terhadap persepsi pembelajaran matematika selama ini, dengan antisipasi berbagai persiapan pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika yang dikemas sesuai minat serta keinginan siswa.
Kegiatan penelitian terhadap siswa sebagai objek penelitian adalah sebagai berikut
a.  Terlebih dahulu penulis mengadakan dulu tanya jawab terhadap siswa dalam bentuk angket, berkenaan dengan persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika yang selama ini mereka terima dari pengajaran di sekolah sudah cukup menarik.
b.  Mengadakan wawancara sebagai tindak lanjut dari data hasil angket, berkenaan dengan pembelajaran yang bagaimana yang mereka kehendaki dalam pembelajaran matematika.
c.  Selanjutnya penulis mengadakan tes awal, sebagai alat ukur sejauh mana wawasan siswa terhadap materi yang akan dijadikan sebagai sarana bahan pengajaran dalam pelaksanaan penelitian tindakan.
d.  Dengan data yang penulis peroleh dari hasil tes awal tersebut, maka selanjutnya penulis mengadakan perengkingan untuk mengklasifikasi kelas unggul dan siswa yang kurang, agar tepat sasaran apa sebenarnya yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran matematika.
Dengan data yang penulis peroleh dapat disimpulkan bahwa keadaan faktor siswa sebagai objek penelitan tindakan sebelum penerapan metode penemuan adalah sebagai berikut:
a.  Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika.
b.  Adanya keinginan dari siswa agar pola pembelajaran matematika dirubah dengan pola-pola permainan yang variatif
c.  Adanya perbedaan kemampuan yang terlalu jauh antara siswa yang cepat dengan siswa yang kurang.

3. Faktor Media Pembelajaran
Pada umumnya guru merasa kesulitan dalam menentukan media pembelajaran yang tepat pada suatu materi pokok bahasan matematika, sehingga selatif semua media pembelajaran hampir jarang disajikan dalam setiap pembelajaran.
Media pembelajaran idealnya disajikan dengan beragam bentuk dan corak, agar siswa merasa senang sekaligus dapat memberikan gambaran yang konkrit mengenai materi yang akan disajikan. Media yang variatif juga dapat memberikan kesemarakan pada proses pembelajaran, sehingga siswa cenderung lebih aktif dan antusias untuk terlibat dalam proses pembelajaran tersebut.
Prossc pembelajaran akan lebih bermakna manakala siswa secara aktif terlibat dalam kegiatan belajar, dengan gambara-gambaran media yang lebih nyata serta dapat lebih cepat dimengerti, mudah diingat, apalagi merupakan pengalaman siswa secara langsung.
Namun kenyataan yang sekarang ini terjadi, terutama pada pembelajaran matematika, guru hampir tidak sama sekali menyediakan media sebagai alat bantu pembelajaran, padahal media sangat dibutuhkan bukan saja oleh siswa tetapi juga guru itu sendiri untuk mempelancar sekaligus penentu keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan variatif bisa dipastikan akan dapat mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran.

4.  Faktor Sumber Belajar
Pergantian kurikulum yang relatif sering dilakukan oleh para ahli pandidikan ternyata tidak memberikan dampak yang positif terhadap arah tujuan pendidikan yang lebih bermutu, namun justru mendapat sambutan yang kurang simpatik dari masyarakat dan cenderung merupakan perubahan yang monoton.
Dengan pergantian kurikulum, maka otomatis berganti pulalah buku sumber belajar sebagai pegangan baik untuk siswa maupun guru. Sumber belajar yang baik adalah bukan saja buku, namun lingkungan atau sumber-sumber pengetahuan lainnya yang relefan, sesuai dengan tujuan kurikulum yang diharapkan. Kenyataan yang ada sekarang ini bahwa sumber belajar lebih identik kepada buku saja, sehingga buku dijadikan sebagai sumber segala-galanya bagi penyelenggaraan pendidikan.
Pemahaman yang tepat terhadap sumber belajar sebagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses pembelajaran harus lebih diperkuat, bahwa sumber belajar bukan saja buku, namun apapun yang ada dilingkungan ataupun pengalaman seseorang sekiranya relefan dengan tujuann pembelajaran itu semua adalah sumber pembelajaran.
Sumber belajar akan dapat memberikan makna dalam proses pembelajaran, manakala guru sebagai penyelenggara pembelajaran dapat lebih selektif dan tapat sasaran dalam memilih sumber-sumber belajar secara tapat, Yang selanjutnya dapat membantu memberikan informasi secara lengkap terhadap siswanya terhadap suatu materi yang disajikan
Adapun buku sumber yang penulis jadikan sebagai dalam penerapan metode penemuan adalah sebagai berikut:
1.  GBPP yang sudah disempurnakan SD Kelas VI.
2.  Buku paket matematika kelas VI terbitan Sarana Panca Karya.
3.  Buku paket matematika kelas VI terbitan Intan Pariwara.
4.  Buku paket matematika kelas VI terbitan Balai Pustaka.
5.  Buku intisari dan Pembahasan Soal Matematika kelas VI terbitan Balai Pustaka, dan sumber lain yang relefan dengan kurikulum.

B.   Pelakaanaan Tindakan Siklus Pertama
1.  Perencanaan
Sebelum melaksankan tindakan penulis terlebih dahulu menyusun rencana persiapan yang akan disajikan pada action dan sampel penelitian. Adapun persiapan-persiapan yang penulis lakukan adalah sebagai berikut:
a.  Langkah-langkah penyusunan Sekenario pembelajaran
Setiap guru akan menyajikan materi pelajaran, maka terlebih dahulu harus menyusun dulu persiapan mengajar yang dituangkan dalam sekenario pembelajaran ataupun persiapn dalam bentuk yang lainnya dengan rumusan tujuan yang sistematis dan terencana oleh waktu dan sebagainya.
Adapun langkah-langkahnya secara garis besarnya adalah sabagai berikut :
1)  Merumuskan tujuan, sebagai hal yang penting dalam menyusun sekenario pembelajaran, sekaligus merupakan tolak ukur kemampuan yang seperti apa yang akan diharapkan dapat dicapai oleh siswa. Tujuan terdiri dari Tujuan kurikulum, tujuan umum (tercantum dalam GBPP), tujuan pembelajaran khusus yang harus dirumuskan guru sesuai dengan kata-kata operasional yang sudah berlaku.
2)  Menentukan metode pembelajaran apa yang dianggap tepat dan dapat mengefektifkan proses pembelajaran.
3)  Menyusun langkah.-langkah kegiatan pembelajaran yang sistematis dengan aneka teknik dan pendekatan mengajar yang dikuasai oleh guru.
4)  Menentukan alat peraga sebagai media pembelajaran yang dianggap  mampu dan dapat membantu siswa untuk lebih cepat memahami materi yang tengah disampaikan oleh guru.
5)  Merumuskan LKPS sebagai alat penggiring bagi siswa untuk menghantarkan siswa pada kegiatan belajar yang aktif dan kreatif dengan pola menemukan sendiri harapan-harapan yang ada pada tujuan pembelajaran khusus.
6)  Merumuskan alat Evaluasi, yang akan dijadikan sebagai alat ukur pencapaian tujuan pembelajaran yang diwujudkan dalam bentuk butiran soal-aoa! sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan

2.  Pelaksanaan Tindakan dan Observasi Pembelajaran Siklus Pertama
Pelaksanaan tindakan dan observasi pembelajaran pada siklus pertama yang dilaksanakan oleh penulis pada hari Senin tanggal 6 April 2009 dengan waktu 2 jam pelajaran (2 X 40 menit ) pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan Bangun Ruang di Kelas VI SD Negeri Sukamukti I dengan banyak siswa 20 orang.
Kegiatan awal yang yang penulis laksanakan terlebih dahulu adalah melaksanakan pre test (tes awal), dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana persiapan siswa terhadap materi yang akan disampaikan, untuk selanjutnya penulis menyesuaikan bobot materi yang akan disampaikan. Adapun perolehan nilai dari kondisi awal dapat dilihat dari tabel berikut ini:
Tabel 1
Daftar Nilai Kondisi Awal Siswa Siklus Pertama
No.
Nama Siswa
Nilai Tes
Prosentase Perolehan Nilai
Keterangan
1.
Agil Mauludin
6
0 = 0%
Cukup
2.
Anggi Ghian Fauzi
4
2 = 0%
Kurang
3.
Ai Siti Aisah
4
3 = 5%
Kurang
4.
Arul Islami
6
4 = 20%
Cukup
5.
Dejan Juniawan
5
5 = 30%
Kurang
6.
Ilfa Wiana Siti Nasrah
5
6 = 20%
Kurang
7.
Deris Ramdani
4
7 = 10%
Kurang
8.
Elmaya Fauziah A.
3
8 = 15%
Kurang
9.
Emay Munawaroh
6
9 = 0%
Cukup
10.
Erika  Rahmayani
6
10 = 0%
Cukup
11.
Fani Muhamad Suryanto
5

Kurang
12.
Imas Siti Nurhasanah
8

Baik
13.
Imel Imelda Alawiyah
7

Cukup
14.
Ilma Sangga Febriana
7

Cukup
15.
Irpan Maulana
6

Cukup
16.
Gina Sonia
8

Baik
17.
Mila Marliana
5

Kurang
18.
Mohamad Alip Guswadi
4

Kurang
19.
Muhamad Andriana
8

Baik
20.
Moh.Azis Komarudin
5

Kurang

Jumlah
112



Rata-rata
5,6



Dari tabel di atas diperoleh data bahwa rata-rata nilai siswa hasil tes awal menunjukkan ada 15% siswa memperoleh nilai kategori baik, 35% siswa mempeoleh nilai sedang dan 50% siswa memperoleh nilai dibawah angka lulus (5). Selanjutnya kondisi awal ini menjadi dasar untuk perbaikan pembelajaran yang tepat bagi siswa, sekaligus memberikan informasi pada penulis bahwa persiapan siswa dalam sajian pembelajaran dengan pokok bahasan bangun ruang masih relatif kurang, sehingga dengan pelaksanaan tindakan diharapkan adanya peningkatan hasil belajar.
Setelah guru selesai mengadakan tes awal selanjutnya mengadakan pembahasan soal pre tes yang diuji cobakan, dan berlanjut pada kegiatan inti. Dengan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan penerapan metode penemuan, termasuk didalamnya ada pembentukan kelompok belajar, yang membahas secara kelompok bagaimana menentukan sebuah rumus didalam bangun ruang, yang disajikan dalam bentuk LKS.
Langkah berikutnya siswa dalam kelompok mengadakan diskusi kelompoknya untuk menemukan rumus sebuah bangun ruang secara tepat, dengan pola-pola permainan serta media alat peraga dalam bentuk jaring- jaring berbagai bangun ruang yang sudah disiapkan. Setelah itu masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya untuk dipersentasikan secara bergilir. Setelah selesai persentase siswa dan guru mengadakan tanya jawab tentang temuannya masing-masing.
Pada saat berlangsungnya kegiatan diskusi kelompok dan pengerjaan LKS, penyusun juga mengadakan penilaian keterampilan proses dengan iembar penilaian dan data sebagai berikut:
Tabel 2
Nilai Observasi Siswa Pada Kelompok Diskusi
No.
Aspek-aspek yang dinilai
Keterangan
Keativan
Kerjasama
Bertanya Jawab
1.
C
C
C
Cukup
2.
K
K
K
Kurang Sekali
3.
C
C
C
Cukup
4.
B
C
C
Cukup
5.
K
K
K
Kurang Sekali
6.
K
K
K
Kurang Sekali
7.
C
C
C
Cukup
8.
K
K
K
Kurang Sekali
9.
B
C
C
Cukup
10.
B
C
B
Baik
11.
C
C
C
Cukup
12.
C
C
C
Cukup
13.
B
C
B
Baik
14.
B
B
B
Baik
15.
B
B
B
Baik
16.
B
B
B
Baik
17.
B
C
C
Cukup
18.
K
K
K
Kurang Sekali
19.
B
C
C
Cukup
20.
B
B
B
Baik

Data yang penulis peroleh dari hasil observasi pada tindakan pertama mendapat suatu kesimpulan tentang keaktivan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode penemuan adalah sebagai berikut (1) hampir 70% siswa terlibat langsung dan secara aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dengan penuh antusias, (2) siswa merasa lebih kritis, dan puas dengan apa yang telah dilakukannya selama kegiatan belajar berlangsung.
Kegiatan berikutnya merupakan kegiatan akhir pada kegiatan inti pelaksanaan tindakan siklus pertama dengan mengadakan kembali tes akhir (post test), setelahnya siswa betul-betul memahami materi yang sudah disampaikan dengan penerapan metode penemuan. Dari hasil pos tes diperoleh data sebagai berikut:
Tabel 3
Hasil Nilai Post Tes Setelah Pelaksanaan Tindakan
No
Nama Siswa
Nilai
Keterangan
1.
Agil Mauludin
6
Cukup
2.
Anggi Ghian Fauzi
5
Kurang
3.
Ai Siti Aisah
5
Kurang
4.
Arul Islami
6
Cukup
5.
Dejan Juniawan
5
Kurang
6.
Ilfa Wiana Siti Nasrah
5
Kurang
7.
Deris Ramdani
7
Cukup
8.
Elmaya Fauziah A.
7
Cukup
9.
Emay Munawaroh
6
Cukup
10.
Erika  Rahmayani
7
Cukup
11.
Fani Muhamad Suryanto
6
Cukup
12.
Imas Siti Nurhasanah
7
Cukup
13.
Imel Imelda Alawiyah
7
Cukup
14.
Ilma Sangga Febriana
8
Baik
15.
Irpan Maulana
8
Baik
16.
Gina Sonia
9
Sangat baik
17.
Mila Marliana
8
Baik
18.
Mohamad Alip Guswadi
5
Kurang
19.
Muhamad Andriana
7
Cukup
20.
Moh.Azis Komarudin
8
Baik

Jumlah
132


Rata-rata
6,6





3.  Pembahasan, Refleksi, dan Revisi Pembelajaran
Berdasarkan tampilan data yang diperoleh penulis, baik dari hasi! observasi selama kerja kelompok dalam bentuk keterampilan proses, maupun data hasil nilai post tes, sehingga pada akhirnya penulis mendapat kesimpulan sebagai berikut:
a)  Unsur siswa
     Seiama kegiatan pembelajaran berlangsung siswa dianggap sudah cukup baik hanya ada beberapa siswa yang kurang, justru tidak mendapat perhatian yang cukup, sehingga terkesan 5 orang siswa yang lambat, malah semakin tidak mengerti.
b)  Unsur Guru sebagai penyaji
     Secara garis besarnya kelemahan penulis dalam menyajikan materi masih belum bisa menyentuh keseluruh siswa yang ada, dan cenderung membiarkan siswa yang lemah yang justru seharusnya mendapat perhatian. yang penuh,
c)  Unsur kedalaman materi
     Secara umum bobot materi sudah cukup baik. namun hanya berlaku bagi siswa yang terkatogri mampu, sementara untuk yang lambat belajar masih mendapat kesutitan dalam memahami materi pokok bahasan, apa lagi harus menemukan sendiri.
d) Unsur ketertiban siswa dalam diskusi
     Selama diskusi berlangsung, penulis menilai masih jauh dari yang diharapkan, dikarenakan belum adanya pemerataan dalam keaktifan siswa dalam berdiskusi. Hal ini terlihat dari lontaran pertanyaan, serta. sanggahan berbagai pendapat dikuasai oleh siswa-siswa tertentu saja.
Dengan kondisi-kondisi yang tersebut di atas, maka beberapa hal yang perlu diperbaiki adalah sebagai berikut :
a)  Perbaikan bagi Siswa
Siswra yang mengalami kesulitan belajar disarankan untuk lebih giat belajar agar tidak terlalu jauh ketinggalannya, dengan cara diberikan remideal sebagi upaya untuk mengejar katinggalan belajar. Dalam hal ini penyaji memberikan bimbingan khusus, serta diberikannya tes ulang dengan bobot yang tidak sama dengan siswa-siswa yang lainnya.
Terobosan yang lainya penulis menyarankan agar teman yang dianggap sudah bisa untuk senantiasa membatu dalam istilah lain tutor sebaya, sampai betul-betul mereka dapat memahami pokok materi yang disampaikan.
b)  Perbaikan bagi guru selaku penyaji
Tidak hanya siswa guru dalam hal ini sekaligus penulis sebagi pelaksana langsung, juga mendapat sorotan dari rekan sejawat selama kegiatan berlangsung, sebagimana disebutkan dalam kelemahan, maka unsur-unsur yang harus diperbaiki oleh penulis (guru) penyaji dalam pelaksanaan tindakan adalah sebagi berikut : (1) Guru harus senantiasa adil dalam memperlakukan siswa, dalam keadaan apapun, sehingga perhatianpun tidak hanya pada siswa yang aktif saja. (2) Guru harus lebih teliti dalam memperlakukan siswa yang kurang agar merekapun mendapat dan merasa diperhatikan sebagaimana siswa-siswa yang lainnya, (3) Guru harus jeli terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi untuk meminimalisasi kegagalan dalam proses pembelajaran.
c)  Perbaikan terhadap Kedalaman Materi dalam Evaluasi
Secara umum bobot materi yang disampaikan sekaligus butir soal pada tes evaluasi sudah singkron dan sejalan dengan rumusan tujuan pembelajaran, hanya perlu adanya soal alternatif pengganti untuk diberikan kepada siswa yang mengalami kesulitan dengan bobot yang lebih rendah, namun tidak harus merubah tujuan yang sudah dirumuskan. Artinya guru harus mampu membuat soal lain dengan kapasitas yang lebih sederhana, memungkinkan siswa dapat mengerjakannya.
d) Perbaikan terhadap berlangsungnya Diskusi Kelompok
Agar diskusi dapat berjalan dengan tertib serta terjalin kerja sama antar kelompok, guru sebagai fasilitator harus dapat mengatur jalannya diskusi dengan cara memberi tugas kepada siswa yang dianggap kurang mampu/kurang aktif sebagi pembaca hasil diskusi, dengan demikian tugas ini akan memberi kekuatan pada siswa tersebut merasa diperlukan dan mempunyai tanggung jawab yang sama dengan teman-teman yang lainnya
Guru harus pandai dalam meyebarkan pertanyaan-pertanyaan sebagai upaya penggiring. Jadi pertanyaan sebaiknya jangan bebas serta mengundang jawaban yang bersama-sama Begitupula dengan siswa yang mengangkat tangan bukan berarti harus itu, namun diupayakan yang yang belum dulu, baru kemudian apabila tidak ada sama sekali boleh dilontarkan kepada siswa yang meminta. Dengan demikian akan terlihat pemerataan dalam keaktifan bertanya jawab

C.   Pelaksanaan Tindakan Siklus Kedua
1.  Perencanaan
Sebelum melaksanakan tindakan penulis terlebih dahulu manyusun rancana persiapan yang akan disajikan pada action dan Sampel penelitian Setiap guru akan menyajikan Materi pelajaran, maka terlebih dahulu harus menyusun dulu persiapan mengajar yang dituangkan dalam sekenario pembelajaran dengan format sebagai berikut
Mata Pelajaran              :
Pokok Bahasan             :
Sub Pokok Bahasan      :
Kelas /Semester            :
Alokasi Waktu              :

I.     Tujuan Pembelajaran Umum (TPU)
II.   Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK)
III.  Uraian Materi Pelajaran
IV.  Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
V.   Metodel Alat / dan Sumber
VI.  Evaluasi dan Penilaian
Sebagai hal yang penting dalam menyusun sekenario pembelajaran, sekaligus merupakan tolak ukur kemampuan seperti apa yang akan diharapkan dapat dicapai oleh siswa, maka perumusan Tujuan khusus harus merupakan tujuan yang mengandung kata-kata oprasional, yang dapat mengukur kemampuan siswa setelah materi bahasan disampaikan. Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) merupakan pengembangan dari Tujuan kurikulum dan tujuan umum (tercantum dalam GBPP). Selain itu yang perlu diperhatikan sebelum pelaksanaan pembelajaran; penulis juga menyusun persiapan sebagai berikut : (1) menentukan metode pembelajaran apa yang dianggap tepat dan dapat mengefektifkan proses pembelajaran. (2) menyusun langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang sistematis dengan aneka tehnik dan pendekatan mengajar yang dikuasai oleh guru, (3) menentukan alat peraga sebagai media pembelajaran yang dianggap mampu dan dapat membantu siswa untuk lebih cepat memahami materi yang tengah disampaikan oleh guru, (4) merumuskan LKPS sebagai alat penggiring bagi siswa untuk menghantarkan siswa pada kegiatan belajar yang aktif dan kraetif, dengan pola menemukan sendiri harapan-harapan yang ada pada tujuan pembelajaran khusus. (5) merumuskan alat evaluasi, yang akan dijadikan sebagai alat ukur pencapaian tujuan pembelajaran yang diwujudkan dalam bentuk butiran soal-soal sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan.

1.  Pelaksanaan Tindakan dan Observasi Pembelajaran Siklus Kedua
Pelaksanaan tindakan dan observasi pembelajaran pada siklus kedua yang dilaksanakan oleh penulis pada hari Rabu tanggal 15 April 2009 dengan waktu 2 jam pelajaran (2 X 40 menit) pada mata pelajaran Matematika dengan pokok bahasan Menggambar Skala di Kelas VI SD dengan banyak siswa 20 orang.
Kegiatan awal yang yang penulis laksanakan terlebih dahulu adalah melaksanakan pre test (tes awal), dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana persiapan siswa terhadap materi yang akan disampaikan, untuk selanjutnya penulis menyesuaikan bobot materi yang akan disampaikan.
Adapun perolehan nilai dari kondisi awal dapat dilihat dari tabel berikut ini

Tabel 4
Daftar Nilai Kondisi Awal Siswa Siklus Kedua
No.
Nama Siswa
Nilai Tes
Prosentase Perolehan Nilai
Keterangan
1.
Agil Mauludin
7
0 = 0%
Cukup
2.
Anggi Ghian Fauzi
5
2 = 0%
Kurang
3.
Ai Siti Aisah
4
3 = 5%
Kurang
4.
Arul Islami
7
4 = 20%
Cukup
5.
Dejan Juniawan
4
5 = 30%
Kurang
6.
Ilfa Wiana Siti Nasrah
6
6 = 20%
Cukup
7.
Deris Ramdani
4
7 = 10%
Kurang
8.
Elmaya Fauziah A.
4
8 = 15%
Kurang
9.
Emay Munawaroh
6
9 = 0%
Cukup
10.
Erika  Rahmayani
7
10 = 0%
Cukup
11.
Fani Muhamad Suryanto
6

Cukup
12.
Imas Siti Nurhasanah
8

Baik
13.
Imel Imelda Alawiyah
6

Cukup
14.
Ilma Sangga Febriana
7

Cukup
15.
Irpan Maulana
6

Cukup
16.
Gina Sonia
7

Cukup
17.
Mila Marliana
6

Cukup
18.
Mohamad Alip Guswadi
5

Kurang
19.
Muhamad Andriana
8

Baik
20.
Moh.Azis Komarudin
6

Cukup

Jumlah
119



Rata-rata
5,95



Dari tabel diatas dapat diperoleh data bahwa rata-rata nilai siswa hasil tes awal menunjukan ada 10% siswa memperoleh nilai katagori baik, 55% siswa memperoleh nilai sedang dan 35% siswa memperoleh nilai dibawaah angka lulus (6). Selanjutnya kondisi awal ini menjadi dasar untuk perbaikan pembelajaran yang tepat bagi siswa, sekaligus memberikan informasi pada penulis bahwa persiapan siswa dalam sajian pembelajaran dengan pokok bahasan Menggambar Skala masih relatif kurang, sehingga dengan pelaksanaan tindakan diharapkan adanya peningkatan hasil belajar. Setelah guru selesai mengadakan tes awal selanjutnya mengadakan pembahasan soal pre tes yang diuji cobakan, dan berlanjut pada kegiatan inti. Dengan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh siswa selama proses pemebelajaran berlangsung dengan penerapan metode penemuan, termasuk didalamnya ada pembentukan kelompok belajar, yang membahas secara kelompok bagaimana menemukan cara membuat skala pada sebuah peta yang disajikan dalam bentuk LKS.
Langkah berikutnya siswa dalam kelompok mengadakan diskusi kelompoknya untuk menemukan bagaimana menggambar dengan skala serta menentukan skala pada sebuah peta yang disajikan dengan pola-­pola permainan serta media alat peraga dalam bentuk gambar peta, dan ukuran-ukuran bangun ruang dan hangun datar dari bentuk yang besar ke bentuk yang kecil, dengan perbandingan skala yang sudah ditentukan. Setelah itu masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya untuk dipersentasekan secara bergilir di depan kelas, sekaligus mengadakan tanya jawab untuk mempertanggungjawabkan hasil diskusi kelompoknya masing-masing. Sementara itu guru harus mampu membagi arus tanya jawab dengan pemerataan yang lebih bijaksana, sehingga terkesan adanya pemerataan dalam arus diskusi tanya javwab.
Pada saat berlangsungnya kegiatan diskusi kelompok dan pengerjaan LKS, penyusun juga mengadakan penilaian keterampilan proses dengan lembar penilaian dan data sebagai berikut:
Tabel 5
Nilai Observasi Siswa Pada Kelompok Diskusi
No.
Aspek-aspek yang dinilai
Keterangan
Keativan
Kerjasama
Bertanya Jawab
1.
Cukup
Cukup
Cukup
C
2.
Kurang
Cukup
Kurang
K
3.
Cukup
Cukup
Kurang
C
4.
Baik
Baik
Cukup
B
5.
Kurang
Kurang
Kurang
K
6.
Kurang
Kurang
Kurang
K
7.
Cukup
Cukup
Cukup
C
8.
Kurang
Kurang
Sangat Kurang
K
9.
Baik
Cukup
Cukup
C
10.
Baik
Baik
Baik
B
11.
Cukup
Cukup
Cukup
C
12.
Baik
Baik
Baik
B
13.
Baik
Baik
Baik
B
14.
Baik
Baik
Baik
B
15.
Baik
Baik
Cukup
B
16.
Baik
Baik
Baik
B
17.
Baik
Baik
Cukup
B
18.
Kurang
Cukup
Kurang
K
19.
Baik
Baik
Baik
B
20.
Baik
Baik
Cukup
B

Data yang penulis peroleh dari hasil observasi pada tindakan kedua, mendapat suatu kesimpulan tentang keaktivan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode penemuan adalah sebagai berikut:
   hampir 75% siswa terlibat langsung dan secara aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dengan penuh antusias
  siswa merasa lebih kritis, dan puas dengan apa yang telah dilakukannya selama kegiatan belajar berlangsung
Kegiatan berikutnya merupakan kegiatan akhir pada kegiatan inti pelaksanaan tindakan siklus kedua dengan mengadakan kembali tes akhir (post rest). setelah siswa betul-betul memahami materi yang sudah disampaikan dengan penerapan metode penemuan. Dari hasil pos tes diperoleh data sebagai berikut:
Tabel 6
Hasil Nilai Post Tes Setelah Pelaksanaan Tindakan
No
Nama Siswa
Nilai
Keterangan
1.
Agil Mauludin
7
Cukup
2.
Anggi Ghian Fauzi
6
Cukup
3.
Ai Siti Aisah
5
Kurang
4.
Arul Islami
7
Cukup
5.
Dejan Juniawan
7
Cukup
6.
Ilfa Wiana Siti Nasrah
6
Cukup
7.
Deris Ramdani
7
Cukup
8.
Elmaya Fauziah A.
5
Kurang
9.
Emay Munawaroh
7
Cukup
10.
Erika  Rahmayani
8
Baik
11.
Fani Muhamad Suryanto
7
Cukup
12.
Imas Siti Nurhasanah
9
Sangat baik
13.
Imel Imelda Alawiyah
7
Cukup
14.
Ilma Sangga Febriana
8
Baik
15.
Irpan Maulana
7
Cukup
16.
Gina Sonia
9
Sangat baik
17.
Mila Marliana
7
Cukup
18.
Mohamad Alip Guswadi
5
Kurang
19.
Muhamad Andriana
8
Baik
20.
Moh.Azis Komarudin
7
Cukup

Jumlah
139


Rata-rata
6,95

3.  Pembahasan, Refleksi, dan Revisi Pembelajaran Siklus Kedua
Berdasarkan tampilan data yang diperoleh penulis, baik dari hasi! observasi selama kerja kelompok dalam bentuk keterampilan proses, maupun data hasil nilai post tes, sehingga pada akhirnya penulis mendapat kesimpulan sebagai berikut:
a)  Unsur siswa
Selama kegiatan pembelajaran berlangsung siswa dianggap sudah cukup baik hanya ada beberapa siswa yang justru mengalami nilai yang turun dari hasil nilai pada siklus kesatu, serta masih ada beberapa siswa yang belum mengalami kemajuan dalam belajar dan belum tampak ada keinginan dalam berdiskusi kelompak.
Kegiatan yang harus diperbaiki adalah ; (1) Mengadakan wawancara dengan siswa yang mengalami penurunan nilai hasil post tec, serta siswa disarankan untuk membuka kembali pelajaran dan soal latihan yang sudah diberikan, (2) Memberikan tugas rumah dengan bentuk kegiatan memperbaiki jawaban-jawaban yang salah, (3) Lebih mengefektifkan tutor sebaya agar betul-betul dilaksanakan dalam rangka membantu temannya yang menigalami kesulitan belajar.
b)  Unsur Guru sebagai Penyaji
Secara garis besarnya kelemahan penulis dalam menyajikan materi masih belum bisa menyentuh keseluruh siswa yang ada, dan cenderung membiarkan siswa yang lemah yang justru seharusnya mendapat perhatian yang penuh.
Penggunaan alat peraga dinilai masih belum memenuhi syarat sehingga masah terjadi verbalisme terhadap suatu materi dengan tayangan alat peraga tersebut. Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh guru relatif mengundang jawaban serempak, sehingga materi­menjadi tidak efektif.
Kegiatan perbaikan yang harus dilakukan adalah : (1) Memberikan sajian alat peraga yang lebih mengesankan, {2} Guru harus dapat menggiring siswa tepat sasaran sesuai dengan metode yang digunakannya, (3) Guru harus tetap teliti memperhatikan kegiatan siswa sehingga meminimalisasi siswa yang cenderung diam (4) Guru harus dapat menghindari uraian-uraian materi yang tidak diperlukan oleh siswa.
c)  Unsur kedalaman materi
Secara umum bobot materi sudah cukup baik, namun hanya berlaku bagi siswa yang terkatagori mampu, sementara untuk yang lambat belajar masih mendapat kesulitan dalam memahami materi pokok bahasan, apa lagi harus menemukan sendiri.
Unsur materi yang harus diperbaiki adalah : (1). Adanya upaya pendalaman materi bagi siswa yang tidak mengalami kesulitan belajar, (2). Adanya upaya penyederhanaan materi bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar.
d) Unsur Keterlibatan Siswa dalam Diskusi
Selama diskusi berlangsung penulis menilai masih jauh dari yang diharapkan, dikarenakan belum adanya pemerataan dalam kaktifan siswa dalam berdiskusi. Hal ini terlihat dari lontaran pertanyaan, serta sanggahan berbagai pendapat dikuasai oleh siswa-siswa tertentu saja.
Dengan kondisi-kondisi yang tersebut di atas, maka beberapa hal yang perlu diperbaiki adalah sebagai berikut : (1) teknik-teknik diskusi yang harus lebih diketahui oleh siswa, (2) guru harus pandai menanggulangi siswa yang dianggap kurang aktif agar menjadi aktif, (3) guru harus menyiapkan perkanyaan-pertanyaan penggiring yang selanjutnya mengundang pertanyaan susulan dari siswa, (4) guru harus menghindari pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengundang jawaban secara serentak.
Adapun perbaikan-perbaikan yang penulis lakukan adalah sebagai berikut:
a.  Perbaikan bagi Siswa
Siswa yang mengalami kesulitan belajar disarankan untuk lebih giat belajar agar tidak terlalu jauh ketinggalannya, dengan cara diberikan remideal sebagi upaya untuk mengejar ketinggalan belajar. Dalam hal ini penyaji memberikan bimbingan khusus, Serta diberikannya tes ulang dengan bobot yang tidak sama dengan siswa-siswa yang lainnya. Terobosan yang lainya penulis menyarankan agar teman yang dianggap sudah bisa untuk senantiasa membantu dalam istilah lain tutor sebaya, sampai betul-betul mereka dapat memahami pokok materi yang disampaikan.
b.  Perbaikan bagi guru Selaku penyaji
Tidak hanya siswa guru dalam hal ini sekaligus penulis sebagi pelaksana langsung, juga mendapat sorotan dari rekan sejawat selama kegiatan berlangsung, sebagimana disebutkan dalam kelemahan, maka unsur-unsur yang harus diperbaiki oleh penulis (guru) penyaji dalam pelaksanaan tindakan adalah sebagi berikut : (1) Guru harus senantiasa adil datam memperlakukan siswa, dalam keadaan apapun, sehingga perhatianpun tidak hanya pada siswa yang aktif saja, (2) Guru harus lebih teliti dalam memperlakukan siswa yang kurang agar merekapun mendapat dan merasa diperhatikan sebagaimana siswa-siswa yang lainnya, (3) Guru harus jeli terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi untuk meminimalisasi kegagalan dalam proses pembelajaran.
c.  Perbaikan terhadap Kedalaman Materi dalam Evaluasi
Secara umum bobot materi yang disampaikan sekaligus butir soal pada tes evaluasi sudah singkron dan sejalan dengan rumusan tujuan pembelajaran, hanya perlu adanya soal alternatif pengganti untuk diberikan kepada siswa yang mengalami kesulitan dengan bobot yang lebih rendah, namun tidak harus merubah tujuan yang sudah dirumuskan. Artinya guru harus mampu membuat soal lain dengan kapasitas yang lebih sederhana, memungkinkan siswa dapat mengerjakannya.
d.  Perbaikan terhadap berlangsungnya Diskusi kelompok
Agar diskusi dapat berjalan dengan tertib serta terjalin kerja sama antar kelompak, guru sebagi fasilitator harus dapat mengatur jalannya diskusi dengan cara memberi tugas kepada siswa yang dianggap kurang mampu/kurang aktif sebagi pembaca hasil diskusi, dengan demikian tugas ini akan memberi kekuatan pada siswa tersebut merasa diperlukan dan mempunyai tanggung jawab yang sama dengan teman-teman yang lainnya.
Guru harus pandai dalam meyebarkan pertanyaan-perkanyaan sebagai upaya penggiring. Jadi pertanyaan sebaiknya jangan bebas serta mengundang jawaban yang bersama-sama. Begitupula dengan siswa yang mengangkat tangan bukan berarti harus itu, namun diusahakan yang yang belum dulu, baru kemudian apabila tidak ada sama sekali boleh dilontarkan kepada siswa yang meminta. Dengan demikian akan terlihat pemerataan dalam keaktifan bertanya jawab.
Tabel 7
Tabel Perbandingan Perolehan Hasil
Nilai Pre Test dan Post Test
No
Nama Siswa
Tindakan I
Tindakan II
Pre Test
Post Tes
Pre Test
Post Tes
1.
Agil Mauludin
6
6
7
7
2.
Anggi Ghian Fauzi
4
5
5
6
3.
Ai Siti Aisah
4
5
4
5
4.
Arul Islami
6
6
7
7
5.
Dejan Juniawan
5
5
4
7
6.
Ilfa Wiana Siti Nasrah
5
5
6
6
7.
Deris Ramdani
4
7
4
7
8.
Elmaya Fauziah A.
3
7
4
5
9.
Emay Munawaroh
6
6
6
7
10.
Erika  Rahmayani
6
7
7
8
11.
Fani Muhamad Suryanto
5
6
6
7
12.
Imas Siti Nurhasanah
8
7
8
9
13.
Imel Imelda Alawiyah
7
7
6
7
14.
Ilma Sangga Febriana
7
8
7
8
15.
Irpan Maulana
6
8
6
7
16.
Gina Sonia
8
9
7
9
17.
Mila Marliana
5
8
6
7
18.
Mohamad Alip Guswadi
4
5
5
5
19.
Muhamad Andriana
8
7
8
8
20.
Moh.Azis Komarudin
5
8
6
7

Rata-rata
5,6
6,6
5,95
6,95

Dengan tampilan data tersebut, membuktikan bahwa adanya perubahan dan peningkatan hasil belajar siswa setelah adanya tindakan.

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN


A.   Kesimpulan
Berdasarkan hasil temuan dari penelitian tindakan kelas yang diiakukan oleh penulis di SD Negeri Kasturi II dengan penerapan metode penemuan dalam pembelajaran matematika di SD kelas VI ternyata memberikan kesan yang positif bagi siswa dalam mengenai lebih jauh tentang penggunaan metode penemuan dalam pembelajaran matematika di kelas VI.
Gambaran tersebut memberikan kontribusi yang cukup bagus bagi pengembangari pola berpikir yang baru pada siswa, sehingga nampak adanya kemandirian dalam belajar, sekaligus membekali siswa untuk dapat belajar, tanpa mengenai batas waktu, tempat, maupun kondisi yang dihadapinya.
Untuk lebih memberikan kejelasan keefektifan penerapan metode tersebut, maka kesimpulan yang dapat penulis sampaikan dari dua siklus yang penulis lakukan adalah sebagai berikut :
1.  Pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang dengan menggunakan metode penemuan, cukup menarik bagi siswa, serta cenderung hasil belajar yang diperoleh dari pengalaman belajar tersebut cukup menggembirakan, walaupun belum memuaskan. Hal tersebut terlihat dari hasil pengamatan ddiskusi dan hasil nilal post-test (nilai akhir). Data menunjukkan hasil pretest dari siklus I dengan rata-­rata nilai 5,6 meningkat setelah diadakan tindakan menjadi 6,6 (nilai post tes). Juga pada siklus II yang terlihat dalam hasil pas tes dengan rata-rata nilai 5,95 meningkat setelah diadakan tindakan menjadi 6,95. Dari data tersebut adanya peningkatan hasil belajar sebesar 1,00.
2.  Pembelajaran matematika pada pokok bahasan menggambar skala, dengan penerapan metode penemuan, sedikit mengalami kesulitan berkenaan dengan kurang alat bantu yang tepat sebagai media yang dapat mempertajam pemahaman dalam proses pencarian terhadap penentuan skala pada peta, serta kemampuan menggambar siswa yang relatif kurang, sehingga waktu yang disediakan mengalami pertambahan. Namun demikian kegiatan pembelajaran juga mengalami keberhasilan yang lumayan dibanding dengan penyajian pembelajaran sebelumnya.
Dengan demikian kesimpulan secara umum dapat penulis sampaikan adalah sebagai berikut :
1.  Bahwa penerapan metode penemuan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa.
2.  Bahwa penerapan metode penemuan terbukti dapat meningkatkan motivasi dan aktifitas belajar siswa.
3.  Dalam penerapan metode penemuan. diperlukan langkah-langkah pembelajaran yang ideal serta persiapan yang matang dengan berbagai kemungkinan yang sudah disiapkan.

B.   Saran
Saran yang penulis ajukan adalah sebagai berikut:
1.  Dengan rendahnya pemahaman guru terhadap keterampilan penggunaan metode penemuan, maka perlu disikapi oleh semua kalangan pendidik agar berusaha untuk memperbaiki kelemahan yang ada tanpa harus mempunyai rasa malu dan canggung. Sesungguhnya kelemahan yang ada pada diri kita merupakan anugrah agar kita senantiasa berusaha untuk memerangi dan menggantikan kelemahan tersebut dengan sesuatu yang labih baik.
2.  Jadikan pengalaman itu sebagai guru yang paling berharga dalam upaya menerpa diri, dengan itikad bahwa hal ini harus lebih baik dari hari yang kemarin. Serta hari esok harus lebih baik dari hari ini, demikian Seterusnya.
3.  Kedewasaan, kemandirian, serta kemajuan akan tumbuh dari proses perenungan diri kita atas apa yang sudah kita perbuat, kita laksanakan, dan kita lupakan.
4.  Penulis sangat sadar bahwa segala sesuatu akan terjadi, manakala kita mau berbuat, berusaha, dan mau bertindak atas dasar pengabdian.
Akhirnya secara untum penulis menyarankan kepada semua jajaran pendidikan untuk senantiasa merupaya dengan segenap kemampuan yang ada sesuai dengan porsinya masing-masing, untuk sanantiasa melaksanakan amanat mulya ini dengan penuh rasa tanggungjawab.

DAFTAR PUSTAKA


Depertemeri Pendidiken dan Kebudayaan. (1983). Keputusen Mendikbud tentang Pengadaan dan Penyetaraan Guru SD Jakarta ­Depdikbud.
Hiebert, J. & Carpenter, T.P. (1992). Learning and Teaching With understanding dalam D.A Grows (Fd) Handbook of Research on Mathematichs Teaching and Learning. Reston, Va: NCTM
Kompas. (7 Februari 2002). Fenomena Guru SD di Indonesia. Jakarta
Pieget, J. (1972). To Understand Is to Invent. New York: Grossmen.
Soediyarto. (1997/1998). Memantapkan Kinerja Sistem Pendidikan Nasional dalam Manyiapkan Manusia Indonesia Memasuki Abad Ke-21 Jakarta. Proyek Perencanaan Terpedu dan Ketenagaan Diklusepora.
Uzer, U. (1997). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

PERSIAPAN PENGAJARAN
SIKLUS I

Mata Pelajaran            :    Matematika
Pokok Bahasan           :    Bangun Ruang
Sub Pokok Bahasan    :    Membuat Bangunan Ruang (Balok,
                                        Kubus, Tabung)
Kelas /Semester          :    VI / 2
Alokasi Waktu            :    2 Pertemuan

I.     Tujuan Pembelajaran Umum ( TPU )
       Siswa mampu membuat Bangunan Ruang berupa Balok, Kubus, dan Tabung.
II.   Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK )
       1.  Siswa dapat membuat jaring-jaring prisma tegak (kubus dan balok)
       2.  Siswa dapat membuat model prisma tegak
       3.  Siswa dapat lebih mengenal sisi rusuk dan titik sudut bangun ruang
       4.  Siswa dapat menetapkan banyak sisi, rusuk dan titik sudut balok, kubus dan tabung
       5.  Siswa dapat dapat menggambar bangun ruang
III.  Uraian Materi Pelajaran
       1.  Terjadinya jaring-jaring prisma kubus dan balok
       2.  gambar pola jaring-jaring model kubus dan balok
       3.  Sisi rusuk dan titik sudut pada balok, kubus dan tabung
       4.  Gambar balok, kubus dan tabung
IV.  Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM )
       a.  Kegiatan awal.
            1)  Siswa menempati tempat sesuai dengan kelompoknya masing­masing.
            2)  Mengadakan Apersepsi, yaitu melalui tanya jawab tentang bangun ruang.
       b.  Kegiatan inti.
            1)  Guru mengingatkan kembali terjadinya jaring-jaring kubus dan balok.
            2)  Guru menyajikan pola jaring kubus dan balok.
            3)  Memperagakan/dimana rusuk, sisi dan titik sudut.
            4)  Siswa menunjukkan sisi, rusuk dan tifik sudut balok, kubus dan tabung.
            5)  Siswa menggambar bangun ruang,
       c.  Kegiatan akhir.
            1)  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya.
            2)  Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
            3)  Guru memberikan soal evaluasi.
            4)  Guru memberikan tindak lanjut dengan memberikan saran dan nasihat untuk rajin belajar serta mempraktekan kembali di rumah.
V.   Metodel Alat / dan Sumber
       a.  Metode    : Metode Penemuan
       b.  Alat          : kota-kotak kecit, kubus dan tabung.
       c.  Sumber    :  GBPP yang sudah disempumakan SD Kelas Vl.
                               Buku paket matematika kelas VI terbitan Sarana Panca Karya.
                               Buku paket matematika kelas VI terbitan Intan Pariwara.
                               Buku paket matematika kelas VI terbitan Balai Pustaka.
                               Buku Intisari dan Pembahasan soal Matematika kelas  VI terbitan Balai Pustaka, dan sumber lain yang relefan dengan kurikulum.
VI.  Evaluasi dan Penilaian
       1.  Prosedur tes  :  Pre tes, proses, dan pos tes.
       2.  Jenis tes        :  Perbuatan, lisan dan tulisan.
       3.  Bentuk tes    :  jawaban singkat dan uraian.
       4.  Alat tes         :  soal tes

LEMBARAN JAWABAN SISWA
Soal Tes Pre Tes Siklus I

Nama            :
Kelas            :
 

Isilah pertanyaan di bawah ini !
                                                           1.    Nam Bangun .....
                                                           2.    Banyak sisi ......
                                                           3.    Banyak rusuk .......
                                                           4.    Banyak titik sudut .....
                                                          
                                                           5.    Sebutkan semua sisi-sisinya !
                                                           6.    Sebutkan semua rusuk­rusuknya!
                                                           7.    Sebutkan semua titik sudutnya!


 

                                                           8.    Sebutkan semua sisi-sisinya !
                                                           9.    Sebutkan semua rusuk­rusuknya!
                                                           10.  Sebutkan semua titik sudutnya!


LEMBARAN JAWABAN SISWA
Soal Tes Post Tes Siklus I

Nama            :
Kelas            :
 

Buatlah gambar bangun-bangun ruang !
1.    Kubus dengan ukuran :
       a.  Panjang rusuk 2 cm
       b.  Panjang rusuk 5 cm
       c.  Panjang rusuk 7,5 cm
2.    Balok dengan ukuran :
       a.  Panjang 4 cm, lebar 2 cm, dan tinggi 2 cm
       b.  Panjang 12 cm, lebar 3 cm, dan tinggi 5 cm
       c.  Panjang 3 cm, lebar 3 cm, dan tinggi 8 cm
3.    Tabung dengan ukuran .­
       a.  Diameter 7 cm, tinggi 5 cm
       b.  Diameter 5 cm, tinggi 10 cm
       c.  Jari-jari 3 cm, tinggi 9 cm
       d.  Jari-jari 2 cm, tinggi 8 cm
4.    Gambarlah kubus ABCD, EFGH dengan panjang sisi 6 cm !
5.    Gambarlah balok KLMN, OPQR dengan ukuran panjang 8 cm, lebar 6 cm, dan tinggi 4 cm !


PERSIAPAN PENGAJARAN
SIKLUS I
Mata Pelajaran            :    Matematika
Pokok Bahasan           :    Bangun Ruang
Sub Pokok Bahasan    :    Membuat Bangunan Ruang (Balok,
                                        Kubus, Tabung)
Kelas /Semester          :    VI / 2
Alokasi Waktu            :    2 Pertemuan

I.     Tujuan Pembelajaran Umum ( TPU )
       Siswa mampu menggambar bangun dengan menggunakan perhitungan skala
II.   Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK )
       a.  Siswa dapat melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan.
       b.  Siswa dapat memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan skala.
III.  Uraian Materi Pelajaran
       a.  Menggunakan perbandingan.
       b.  Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan skala.
IV.  Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM )
       a.  Kegiatan awal.
            1)  Siswa menempati tempat sesuai dengan kelompoknya masing­masmg.
            2)  Mengadakan Apersepsi, yaitu melalui tanya jawab tentang perhitungan skala.
       b.  Kegiatan inti.
            1)  Guru mengingatkan kembali tentang materi perhitungan skala.
            2)  Guru menyajikan materi perhitungan skala.
            3)  Siswa memperhatikan dan memahami materi perhitungan skala.
       c.  Kegiatan akhir.
            1)  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya.
            2)  Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
            3)  Guru memberikan soal evaluasi.
            4)  Guru memberikan tindak lanjut dengan memberikan saran dan nasihat untuk rajin belajar serta mempraktekan kembali di rumah.
V.   Metodel/ Alat / dan Sumber
       a.  Metode           : Metode Penemuan
       b. Alat                  : peta
       c.  Sumber            : GBPP yang sudah disempumakan SD Kelas VI.
                                      Buku paket matematika kelas VI terbitan Sarana Panca Karya.
                                      Buku paket matematika kelas VI terbitan Intan Pariwara.
                                      Buku paket matematika kelas VI terbitan Balai Pustaka.
                                      Buku Intisari dan Pembahasan Soal Matematika kelas VI terbitan Balai Pustaka, dan sumber lain yang relefan dengan kurikulum.
VI.  Evaluasi dan Penilaian
       1.  Prosedur tes    : Pre tes, proses, dan pos tes.
       2.  Jenis tes           : Perbuatan, lisan dan tulisan.
       3.  Bentuk tes       : jawaban singkat dan uraian.
       4.  Atat tes           : soal tes

LEMBARAN JAWABAN SISWA
Soal Tes Pre Tes Siklus II

Nama            :
Kelas            :
 

Selesaikan soal-soal di bawah ini !
1.  Sebuah mobil memerlukan 2 liter bensin untuk menampung jarak 20 km. Jika mobil tersebut melakukan perjalanan 800 km, berapa liter bensin yang diperlukan ?
2.  Sebuah mobil menghabiskan bensin 4 liter untuk menempuh jarak 48 km. Berapa km jarak yang ditempuh mobil tersebut bila menghabiskan bensin sebanyak 12 liter ?

LEMBARAN JAWABAN SISWA
Soal Tes Post Tes Siklus II

Nama            :
Kelas            :
 

Isilah titik di bawah ini !
1.  Jika skala suatu peta adalah 1 : 1.250.000, maka setiap 1 cm pada gambar atau peta sama dengan ...... cm jarak sebenarnya.
2.  Jika jarak antara Bogor dan Bandung yang sebenamya adalah 97 km, maka jarak pada peta adalah ....... cm (skala 1 :5.000).









Lembar Foto 
Kegiatan Siswa